My Zulutrade Signal Provider "DenyVirda7"

CLIXSENSE

AYUWAGE PTC

AyuWage Services - Get Paid to Visits Sites and Complete Surveys

EASYHITS4U

Rabu, 25 Maret 2009

BERWISATA DI SUMATERA SELATAN

BERWISATA DI SUMATERA SELATAN

1. WISATA SITUS SRIWIJAYA
Wisata lokasinya di kelurahan Karang Anyar Kec. Ilir Barat Kodya Palembang. Diresmikan Presiden Soeharto pada 22 Desember 1994 dengan peletakan kembali replika Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti tersebut menceritakan dua laksa balatentara Srijayanasa membangun Wanua Sriwijaya pada Tahun 606 Saka (684 Masehi) di kaki Bukit Siguntang.

2. WISATA TAMAN BUKIT SIGUNTANG
Terletak di sebelah Barat Palembang. Tempat ini merupakan kawasan wisata perbukitan, di tempat ini terdapat beberapa makam antara lain : Raja Si Gentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, Panglima Tuan Junjungan, Pangeran Raja Batu Api dan Panglima Jago Lawang

3. WISATA TAMAN KI GEDE ING SURO
Merupakan kompleks pekuburan Islam yang dibangun pertengahan abad XVI, taman wisata ini terletak di Kelurahan I Ilir. Terdapat 38 makam, diantaranya makam Ki Gede Ing Suro yang merupakan cikal bakal Sultan Palembang. Menurut sejarah, pada tahun 1552 Ki Gede Ing Suro mendirikan Kerajaan Palembang.

4. WISATA HUTAN PUNTI KAYU
Hutan wisata seluas 50 Ha ini, terletak di Jl. H. Burlian (KM 7) yang merupakan jalan utama antara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan Kota Palembang.


5. WISATA PULAU KEMARO
Merupakan sebuah delta di sungai musi, sekitar 5 km sebelah hilir Jembatan Ampera. Di pulau wisata ini terdapat sebuah vihara. Dalam perayaan Cap Go Me ribuan masyarakat Cina termasuk yang datang dari berbagai kota bahkan dari luar negeri berkunjung ke pulau Kemaro untuk melakukan sembahyang atau berziarah. Perayaan ini berlangsung 2 - 3 hari. Dari pulau Kemaro dapat juga disaksikan kilang minyak PERTAMINA di Plaju dan Sungai Gerong serta pabrik pupuk PT Pusri di samping berbagai kegiatan di sungai Musi.

6. WISATA JEMBATAN AMPERA DAN SUNGAI MUSI
Merupakan landmark bagi kota wisata Palembang. Jembatan Ampera dibangun pada tahun 1962-1965, melintasi Sungai Musi dan menghubungkan Palembang bagian Ilir dan Ulu. Sejak tahun 1970-an bagian tengah jembatan ini sudah tidak bisa diangkat lagi dengan pertimbangan akan menyebabkan kemacetan yang panjang. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, dengan panjang 406 Km. Jarak Kota Palembang sampai muara sungai di Selat Bangka ± 106 Km.


7. WISATA PAGARALAM
Terletak di kakai Gunung dempo, kota ini menyinpan potensi wisata yang sangat menakjubkan. Dengan hamparan perkebunan teh yang menghijau, Pagaralam memiliki iklim yang sangat sejuk sepanjang tahun. Selain itu, terdapat banyak air terjun yang menambah asri pemandangan. Di daerah ini juga ditemukan situs purbakala yang berusia ribuan tahun.

sources : http://agunk21.wordpress.com

Baca juga : Merencanakan perjalanan wisata

Panduan memilih paket wisata

Tidak ada komentar: